MENGENAL CARA MENGATASI HEAT STROKE

 

Cara mengatasi heat stroke – perubahan iklim lambat laun menunjukkan eksistensinya. Hal ini bisa kita lihat dari peningkatan suhu bumi yang semakin meninggi. Peningkatan demikian tentu akan berakibat langsung pada penghuni bumi, tidak terkecuali dengan kita; manusiabut

Salah satu hal yang bisa kita rasakan dari perubahan iklim adalah perubahan suhu lingkungan yang semakin meninggi.

Bahkan, di beberapa negara, kita bisa menemui banyak berita yang mengabarkan bahwa terjadi kematian yang diakibatkan oleh suhu panas. Pada konteks ini, kematian yang terjadi di sini umumnya disebabkan oleh heat stroke.

Alodokter.com menjelaskan bahwa heat stroke adalah kondisi di mana tubuh tidak bisa menerima paparan panas yang terlalu ekstrim.

Paparan panas yang dimaksud di sini adalah paparan suhu; suhu yang terlalu panas dan tidak bisa ditolelir oleh tubuh. Jika kondisi demikian terjadi, tubuh akan mengalami beberapa masalah serius. Dan yang terburuk adalah kematian.

READ  Pencegahan pada cedera saraf tulang belakang

Apakah semua penderita heat stroke akan mengalami kematian? Tidak. Tidak jika Anda cepat dan tepat dalam menangani masalah kesehatan ini.

Kami telah mengumpulkan beberapa metode dan cara mengatasi heat stroke. Cara-cara ini bisa Anda jadikan alternatif penanganan. Tapi tentu, cara ini juga harus diimbangi dengan penanganan medis; itu bila Anda mendapat paparan yang di luar batas toleransi. Atau bila Anda sudah kehilangan kesadaran karena paparan tersebut.

PINDAHKAN PENDERITA KE TEMPAT YANG LEBIH SEJUK – CARA MENGATASI HEAT STROKE

Jika Anda, atau teman Anda mengalami heat stroke, langkah pertama yang harus diambil adalah dengan memindahkannya ke tempat yang lebih sejuk. Ini dilakukan untuk mengurangi paparan dan resiko yang muncul manakala penderita mendapat paparan yang terlalu besar dari suhu ekstrim.

Ada banyak pilihan tempat yang bisa ambil, salah satunya adalah tempat teduh, tempat yang tidak terkena matahari.

READ  Awas Stroke! Yuk, Cari Tahu Cara Mengobati Fibrilasi Atrium

Apakah bisa dipindahkan ke tempat dengan berpendingin? Bisa. Tapi jangan langsung dipindahkan ke tempat yang terlalu dingin. Kalau pun harus, atur pendingin agar suhunya tidak terlalu signifikan. Itu dilakukan agar tubuh bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan.

KOMPRES SELURUH TUBUH PENDERITA – CARA MENGATASI HEAT STROKE

Pada kondisi yang lebih ekstrim, Anda bisa menggunakan media air untuk mendinginkan suhu tubuh penderita. Kompres seluruh tubuh penderita dengan air. Lakukan sampai tubuh menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan.

Jika penderita sampai kehilangan kesadaran, Anda bisa lakukan cara ini sampai mereka siuman. Setelah siuman, berikan mereka segelas air putih untuk diminum.

Air putih yang diminum sendiri berguna  untuk menurunkan suhu tubuh bagian dalam. Dan pada beberapa kasus, penberian air putih juga berguna untuk mengatasi dehidrasi yang bisa timbul akibat heat stroke.

READ  Jenis-Jenis Stroke dan Gejala yang Dialami Penderitanya

BERIKAN AIR PUTIH YANG BANYAK – CARA MENGATASI HEAT STROKE

Hellosehat.com menjelaskan bahwa pemberian air putih sangat berguna untuk menurunkan suhu organ dalam dalam. Dengan pemberian air putih, suhu tubuh bagian dalam akan menurun; akan menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Selain itu, pemberian air putih juga berguna untuk mengatasi dehidrasi yang dialami penderita. Sebab seperti yang kita tahu, penderita heat stroke juga biasanya akan mengalami dehidrasi yang ekstrim.

Itulah beberapa cara mengatasi heat stroke. Anda bisa gunakan cara-cara di atas bilamana Anda atau kerabat mengalami heat stroke. Penanganan ini sendiri bisa Anda lakukan secara mandiri. Namun demikian, jika penderita sudah kehilangan kesadaran, sedangkan detak jantung dan denyut nadi tidak stabil, ada baiknya agar penderita segera dilarikan ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan serius.

 

Sumber gambar alodokter.com