BENARKAH HEAT STROKE ADALAH GANGGUAN KESEHATAN YANG BERBAHAYA?

Heat stroke adalah  kondisi di mana tubuh mengalami peningkatan suhu tubuh yang tajam dalam waktu yang singkat. Hellosehat.com menjelaskan bahwa kondisi ini memungkinkan penderita mengalami kepanasan hebat; baik dari dalam atau dari luar tubuhnya. Kepanasan hebat ini terjadi pada kurun waktu yang cepat, sedang tubuh Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mendinginkannya.

Heat stroke sendiri umumnya diakibatkan karena beberapa hal, salah satunya adalah cuaca ekstrim yang beberapa waktu lalu melanda bumi.

Mungkin muncul pertanyaan begini; bagaimana bila kita hidup di lingkungan yang sering terpapar cuaca panas, apakah mereka yang hidup di lingkungan demikian punya resiko lebih besar dibanding yang tidak?

Secara umum bisa dikatakan bahwa orang yang sering hidup di lingkungan panas—sebut saja di timur tengah atau Afrika—mereka tidak akan mengalami heat stroke bila suhu paparan masih dalam batas toleransi.

READ  MENGENAL CARA MENGATASI HEAT STROKE

Kondisi demikian akan berbalik manakala Anda yang sering hidup di lingkungan dingin tetiba harus terpapar cuaca panas dalam waktu singkat dan dengan suhu signifikan.

HEAT STROKE ADALAH MASALAH KESEHATAN DENGAN GEJALA YANG MUDAH DIIDENTIFIKASI

Jika Anda bertanya tentang gejala heat stroke, gangguan kesehatan ini bisa dibilang satu dari sekian gangguan kesehatan yang mudah dikenali.

Kenapa kami mengatakan demikian; karena pada dasarnya orang dengan masalah heat stroke akan memunculkan gejala-gejala unik; gejala yang bahkan tidak akan terjadi pada gangguan kesehatan lain.

Lantas, apa saja gejala-gejala yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

  1. Sakit kepala atau kliyengan

Jika Anda bepergian di tengah cuaca terik dan tanpa pelindung kepala (topi, helm, atau payung), Anda akan mengalami sakit kepala atau kliyengan. Ini adalah gejala yang paling mudah dikenali.

Gejala ini terjadi pada mereka yang tidak terbiasa terpapar cuaca panas, atau mereka yang jarang bepergian di terik siang.

  1. Kulit memerah dan mengering
READ  Jenis-Jenis Stroke dan Gejala yang Dialami Penderitanya

Heat stroke adalah masalah kesehatan yang bisa menimbulkan gejala pada organ luar. Salah satunya kulit.

Jika Anda mengalami heat stroke, kulit Anda biasanya akan memerah atau mengering. Kondisi ini terjadi di luar atau di dalam ruangan. Atau dengan kata lain, kondisi demikian akan tetap terjadi biar pun Anda tidak tersengat matahari secara langsung.

  1. Napas cepat

Orang yang mengalami akan mengalami peningkatan intensitas napas. Hal ini sendiri terjadi karena lonjakan detak jantung.

Pada beberapa kasus, orang yang mengalami gejala ini akan sulit bergerak. Mereka bahkan bisa mengalami kelelahan. Kondisi tersebut jelas menyebabkan penderita mengalami masalah serius dengan aktivitas dan kesehariannya.

  1. Hilang kesadaran

Heat stroke adalah masalah kesehatan serius manakala ia bisa membuat Anda ke kehilangan kesadaran.

READ  Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Cedera Saraf Tulang Belakang

Hilangnya kesadaran penderita umumnya terjadi bilamana penderita telah mendapat paparan panas yang jauh di luar toleransi. Kondisi ini sendiri umumnya terjadi pada penderita dengan kondisi tubuh yang lemah. Entah itu karena sakit atau kurang mampu menerima paparan panas dengan baik (tidak terbiasa terkena paparan panas).

Gejala ini akan sangat berbahaya bila menyerang orang yang sedang berkendara, atau orang dengan aktivitas beresiko.

Alodokter.com menjelaskan bahwa secara umum heat stroke adalah masalah kesehatan yang bisa menyerang siapa saja. Masalah kesehatan ini tidak berbahaya selama tidak menimbulkan hilangnya kesadaran dan membuat penderita mengalami kecelakaan atau masalah serius.

Heat stroke sendiri bisa dicegah. Salah satu metode untuk mencegahnya adalah dengan mengurangi resiko paparan panas. Bisa dengan menggunakan pelindung atau mengurangi aktivitas di bawah terik matahari siang.

 

 

Sumber gambar hellosehat.com