Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Cedera Saraf Tulang Belakang

Ada banyak sekali penyebab dari cedera saraf tulang belakang yang harus anda ketahui. Dan perlu untuk anda ketahui juga bahwa seluruh organ dan juga jaringan tubuh termasuk juga saraf tulang belakang, adalah bagian tubuh yang sangat membutuhkan suplai darah yang baik, sehingga bisa mengantarkan asupan oksigen dan juga asupan nutrisi lainnya ke organ-organ tubuh dan jaringan tubuh tersebut. Dan biasanya kegagalan pasokan darah ke saraf tulang belakang ini bisa menyebabkan cedera saraf tulang belakang.

Nah berikut ini ada 2 tipe atau jenis cedera saraf tulang belakang yang terbagi berdasarkan penyebabnya yaitu cedera saraf tulang traumatis dan juga cedera saraf tulang nontraumatis.

  • Cedera Traumatis

Cedera ini terjadi karena adanya pukulan yang terjadi secara tiba-tiba dan melukai daerah tulang belakang yang bisa menyebabkan fraktur atau patah tulang, dislokasi atau pergeseran dan juga menghancurkan ataupun menekan satu bagian ataupun lebih vertebra tulang belakang tubuh anda. Sehingga ada gangguan pada saraf tulang belakang. Biasanya penyebab cedera saraf tulang belakang ini terjadi karena adanya kecelakaan saat anda berolah raga, adanya kekerasan yang dialami, kecelakaan bermotor, pernah terjatuh pada saat beraktivitas baik sengaja atau tidak sengaja.

  • Cedera nontraumatis
READ  Pencegahan pada cedera saraf tulang belakang

Cedera nontraumatis adalah jenis cedera yang disebabkan oleh sebuah penyakit ataupun jenis kondisi kesehatan lainnya. Seperti adanya penyakit radang sendi atau yang sering disebut dengan arthritis, adanya penyakit kanker, inflamasi ataupun peradangan, adanya infeksi ataupun degenerasi diskus pada bagian tulang belakang.

Selain itu, harus anda ketahui pula bahwa cedera pada saraf tulang belakang juga biasa disebabkan oleh aneurisma atau adanya penggelembungan pembuluh darah. Dimana selain aneurisma, cedera pada saraf tulang belakang juga disebabkan oleh adanya kompresi pembuluh darah dan juga penurunan tekanan darah yang sangat berkepanjangan.

Dibawah ini terdapat beberapa informasi mengenai beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko terjadinya cedera saraf tulang belakang :

  1. Faktor jenis kelamin
READ  Cara Mengobati Stroke Ringan agar Fungsi Tubuh Kembali Normal

Berdasarkan beberapa penelitian, terdapat informasi bahwa cedera saraf tulang belakang biasanya banyak dialami oleh para pria jika dibandingkan dengan wanita.

  1. Faktor usia

Biasanya orang yang sering terkena cedera saraf tulang belakang adalah mereka yang berusia 16 sampai dengan 30 tahunan. Bahkan ketika anda mulai memasuki 65 tahun ke atas, anda memiliki resiko kerentanan yang tinggi terhadap cedera saraf tulang belakang ini.

  1. Aktivitas ekstrem

Banyak melakukan aktivitas yang beresiko dan juga ekstrem seperti olah raga esktrem bisa menjadi salah satu penyebab mengapa anda mengalami cedera saraf tulang belakang.

  1. Adanya kondisi medis

Biasanya memiliki kondisi medis yang sedang di derita, bisa menjadi salah satu penyebab mengapa anda mendapatkan cedera pada saraf tulang belakang. Karena biasanya kondisi medis tertentu akan berhubungan dengan sendi dan tulang. Nah, biasanya kondisi medis yang dimaksud adalah kelainan pada pertumbuhan tulang sejak lahir.

READ  Inilah Gejala Cedera Saraf Tulang Belakang Yang Wajib Diketahui

Adapun gejala umum yang sering muncul ketika anda mendapatkan masalah dengan cedera saraf tulang belakang adalah adanya rasa kesemutan yang dirasakan di bagian tubuh bahkan sampai mati rasa. Kemudian sering kesulitan dalam mengontrol keinginan untuk buang air besar maupun buang air kecil. Dan lama kelamaan anda akan mulai mengalami beberapa kesulitan dalam berjalan. Anda juga akan mulai kehilangan kemampuan untuk menggerakan kaki ataupun lengan. Dan pada kondisi ini, biasanya anda akan mengalami kelumpuhan awal. Nah, itu merupakan gejala umum yang menjadi penanda atau ciri bahwa anda memiliki masalah dengan saraf tulang belakang anda. Sekian informasi yang bisa diberikan terkait dengan beberapa pejelasan mengenai penyebab cedera saraf tulang belakang yang anda miliki.

Sumber : www.hellosehat.com